Rabu, Oktober 07, 2009

Telkom Bangun Palapa Ring Mataram-Kupang

Jakarta - Telkom akan membangun tulang punggung jaringan (backbone) serat optik di kawasan timur Indonesia (KTI) pada minggu kedua Oktober 2009 ini dengan mengambil sebagian konfigurasi Palapa Ring.

Kabel optik tersebut akan melintasi jalur Mataram-Kupang, Manado-Sorong, dan Fakfak-Makassar.

Untuk tahap pertama di bulan Oktober, Telkom akan membangun serat optik kabel laut sepanjang 1041 km dari Mataram ke Kupang (Mataram Kupang Cable System) dengan enam landing point di kota Mataram, Sumbawa Besar, Raba, Waingapu dan Kupang,

Kemudian untuk di jalur daratnya, sang BUMN akan membangun kabel sepanjang 810 km dengan 15 node di kota Mataram, Pringgabaya, Newmont, Taliwang, Sumbawa Besar, Ampang,  Dompu, Raba, Labuhan Bajo, Ruteng, Bajawa, Ende, Maumere, Waingapu, dan Kupang.

VP Public and Marketing Communications Telkom Eddy Kurnia, menekankan bahwa proyek yang diharapkan selesai akhir September 2010 ini murni merupakan inisiatif Telkom yang diimplementasikan sendiri.

"Sebagaimana komitmen awal kami, Telkom tetap akan melanjutkan pembangunan backbone serat optik di KTI, kendati konsorsium proyek Palapa Ring sendiri faktanya belum berjalan sebagaimana yang diharapkan," ujarnya kepada detikINET lewat pesan instan, Rabu (7/10/2009).

Selain Telkom, anggota konsorsium Palapa Ring yang tersisa adalah Indosat dan Bakrie Telecom. Semula, total anggota konsorsium ini ada tujuh sebelum satu persatu mundur teratur. Terakhir yang out dari konsorsium adalah Excelcomindo Pratama.

Palapa Ring sendiri merupakan megaproyek pembangunan backbone serat optik yang terdiri dari 35.280 kilometer optik bawah laut (submarine cable) dan 21.708 kilometer optik bawah tanah (inland cable).
sumber : detikinet

Tidak ada komentar: